Ketika turing bareng atau sendiri, pengendara memiliki cara sendiri dalam memberikan isyarat, Informasi ini biasanya diberikan langsung oleh pimpinan rombongan atau road captain kemudian diteruskan ke yang lain lewat gerakkan tangan atau kaki. Berikut penjelasan makna dari bahasa tubuh itu.
BERBARIS
Tangan di atas helm isyarat rombongan kudu berbaris.
———————————————————————————————————————
ENGINE START
Memutar jari telunjuk tanda bersiap menyalakan mesin
———————————————————————————————————————
TERUS JALAN
Gerakan tangan ke depan agar rombongan tetap terus bergerak.
———————————————————————————————————————
BERJAJAR 1 BARIS
Saat di jalan, road captain, mengacungkan jari
telunjuk ke atas. Ini menandakan barisan turing segera berjajar satu per
satu. Tindakan sperti ini bisa dilakukan atau disebabkan karena kondisi
jalan menyempit atau saat itu jalanan sedang padat.
———————————————————————————————————————
DUA BARIS
Pimpinan turing mengacungkan dua jari. Itu menandakan
rombongan turing harus membuat iring-iringan menjadi dua baris. Biasanya
kondisi ini dilakukan captain leader saat lalu lintas sepi. Satu jari
jika rombongan melewati lalu lintas ramai.
———————————————————————————————————————
BELOK KANAN
Sama seperti sinyal tangan road captain ketika akan
belok kiri. Kebalikannya, pimpinan turing, masih tetap dengan tangan
kirinya akan menunjuk ke arah kanan. Sinyal ini menginformasikan kepada
seluruh rombongan agar bersiap untuk belok kanan.
———————————————————————————————————————
BELOK KIRI
Tanda atau aba-aba dengan menggerakan tangan kiri
sambil menunjuk ke kiri. Maksud dari kode ini rombongan harap
bersiap-siap untuk belok ke kiri.
———————————————————————————————————————
DUA KAKI & TANGAN KIRI TERBUKA ATAU MENURUNKAN KAKI KIRI/KANAN
Namanya di jalan ada saja hambatan yang dihadapi.
Seperti lubang, kerikil bahkan ceceran oli. Untuk menandakan rintangan
yang dilalui baik di sisi kiri maupun kanan, road captain akan
melebarkan kaki kiri-kanan dan tangan kiri. Hati-hati. Juga dengan
menurunkan kaki kanan jika ada rintangan di sebelah kanan dan menurunkan
kaki kiri jika rintangannya di sebelah kiri.
———————————————————————————————————————
BARIS ZIG-ZAG
Road captain mengangkat tangan sambil mengacungkan
jari kelingking dan telunjuk. Maksud dari kode ini ini agar rombongan
berbaris dengan posisi zig-zag. Posisi ini memberikan keleluasaan kepada
pengendara yang ada di belakang untuk melakukan manuver atau
pengereman.
———————————————————————————————————————
KODE ‘NGEBUT’
Tangan ke atas dengan jari terbuka sambil diayun ke
depan. Isarat ini memberikan tanda bahwa pengenda harus lebih
mempercepat kendaraan. Captain leader menganggap jalan bisa dilalui
dengan kecepatan lebih tinggi.
———————————————————————————————————————
SILAHKAN MENDAHULUI
Tangan kiri di bawah sambil diayun. Ini memberikan
sinyal kepada pengendara di belakang silakan untuk melewati pengendara
yang berikan kode itu. Biasanya pemberi kode ingin menyampaikan
informasi untuk pengendara yang berada paling belakang.
———————————————————————————————————————
MENGEPAL TANGAN
Road captain mempertimbangkan aspek keselamatan di
jalan. Ketika jalur yang akan dilewati memiliki rintangan, maka road
captain akan mengepalkan tangan, agar rombongan berhenti sejenak.
Setelah dirasa aman, baru kemudian bergerak maju.
———————————————————————————————————————
TELUNJUK DI HELM
MENEPUK KEPALA
Sebagai pimpinan rombongan tentu mengetahui kejadian
yang ada di depannya. Termasuk jika ada pemeriksaan kendaraan atau
razia. Road captain bisa menginformasikan dengan menepuk kepala.
———————————————————————————————————————
KODE LAPAR
Perjalanan panjang nggak bisa sembarangan di urusan
perut. Perut kosong bikin emosi jadi gampang meledak. Jadi kalau memang
sudah waktunya makan, ya jangan diunda lagi. Tanda yang biasa digunakan
bisa dengan menepuk tangan ke perut.
———————————————————————————————————————
KODE ISI BENSIN
Tangan menunjuk atau menepuk ke tangki bensin. Kode
ini merupakan tanda agar segera atau bersiap mengisi bensin di SPBU
terdekat.
0 komentar:
Posting Komentar